Konflik Dalam Organisasi (Kelompok 2)
Hasil resume presentasi kelompok 2 mengenai “Konflik Dalam
Organisasi”
Konflik dapat diartikan sebagai suatu proses social antara
dua orang atau lebih, yang dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak
lain dengan cara menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Biasanya konflik timbul karena adadanya sebuah pemikiran dan
pendirian yang berbeda-beda. Realitanya bahwa sebuah konflik merupakan suatu
yang sulit dihindari karena berkaitan erat dengan proses interaksi manusia itu
sendiri.
Konflik yang terjadi pada organisasi memberikan manfaat
penting untuk kita agar bisa menjadikan pembelajaran dan bagian pertimbangan
atas banyaknya pemikiran-pemikiran yang berbeda setiap anggota organisasi.
Sumber konflik datangnya dari factor komunikasi, factor struktur
tugas ataupun struktur organisasi, factor yang bersifat personal dan juga factor
lingkungan.
Dalam menghadapi konflik yang terjadi pada sebuah organisasi
dengan cara, kompetisi, akomodasi, sharing, kolaborasi dan penghindaran. Serta
kita harus menyikapi dengan proaktif, komunikasi yang baik dan jelas serta
keterbukaan antar pribadi tentang konflik yang terjadi.
Kebijakan-kebijakan dan cara anggota berkomunikasi pada
sebuah organisasi sangat mempengaruhi kelangsungan sebuah organisasi dalam
mempertahankan anggota dan segenap unsur yang ada didalamnya.
Komentar
Posting Komentar