Konflik Dalam Organisasi (Kelompok 2)

Hasil resume presentasi kelompok 2 mengenai “Konflik Dalam Organisasi”

Konflik dapat diartikan sebagai suatu proses social antara dua orang atau lebih, yang dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Biasanya konflik timbul karena adadanya sebuah pemikiran dan pendirian yang berbeda-beda. Realitanya bahwa sebuah konflik merupakan suatu yang sulit dihindari karena berkaitan erat dengan proses interaksi manusia itu sendiri.

Konflik yang terjadi pada organisasi memberikan manfaat penting untuk kita agar bisa menjadikan pembelajaran dan bagian pertimbangan atas banyaknya pemikiran-pemikiran yang berbeda setiap anggota organisasi.

Sumber konflik datangnya dari factor komunikasi, factor struktur tugas ataupun struktur organisasi, factor yang bersifat personal dan juga factor lingkungan.

Dalam menghadapi konflik yang terjadi pada sebuah organisasi dengan cara, kompetisi, akomodasi, sharing, kolaborasi dan penghindaran. Serta kita harus menyikapi dengan proaktif, komunikasi yang baik dan jelas serta keterbukaan antar pribadi tentang konflik yang terjadi.

Kebijakan-kebijakan dan cara anggota berkomunikasi pada sebuah organisasi sangat mempengaruhi kelangsungan sebuah organisasi dalam mempertahankan anggota dan segenap unsur yang ada didalamnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis - Jenis Profesi di Bidang IT

Kode Etik Dalam Penggunaan IT, Contohnya Dalam Penggunaan Fasilitas Internet di Kampus

Mari Kita Lebih Pahami Kebudayaan Betawi Asli (Jakarta)