Komunikasi Dalam Organisasi (Kelompok 4)
Hasil resume presentasi kelompok 4 mengenai “Komunikasi
Dalam Organisasi”
Komunikasi adalah hubungan satu dengan dua orang atau lebih
yang saling berinteraksi. Komunikasi dinyatakan bisa secara langsung dan tidak
secara langsung. Karena komunikasi merupakan kebutuhan yang paling mendasar
manusia lakukan setiap harinya.
Seseorang yang berkomunikasi pasti dapat merasakan timbal
balik antara pemberi informasi serta penerima informasi sehingga terciptanya
suatu hubungan yang mutualisme diantara kedua belah pihak.
Komunikasi dalam organisasi dikatakan sebagai proses penciptaan
dan penafsiran informasi diantara unit-unit komunikasi sebagai bagian dari
suatu organisasi secara keseluruhan. Serta dipandang sebagai proses mengumpulkan,
memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi yang memungkinkan system informasi
organsasi berfungsi secara efektif.
Fungsinya komunikasi dalam organisasi sangatlah besar.
Komunikasi organisasi baik yang untuk mencari keuntungan maupun nirlaba juga
memiliki 4 fungsi yaitu fungsi normative, regulative, persuasive dan integrative.
Dalam komunikasi terjadilah proses yang dapat terjadi
apabila adanya interaksi antar manusia dan adanya penyampaian pesan untuk
mewujudkan motif komunikasi. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan
komunikasi yang efektif bagi organisasi itu sendiri.
Tahapan penting dalam proses komunikasi yaitu
penginterprestasian, penyandian, pengiriman, perjalanan, penerimaan, penyandian
balik dan penginterprestadian kembali.
Kunci utama dalam kesuksesan dalam organisasi mengingat
banyaknya orang yang terlibat didalamnya. Setiap organisasi pastilah memiliki
hambatan komunkasi tidaklah selalu berjalan mulus sesuai yag diharapkan.
Hambatan ini bukanlah menjadi suatu penganja dalam organisasi karena setiap
hambatan pasti dapat diselesaikan dengan baik dan tepat.
Komentar
Posting Komentar