Jenis - Jenis Profesi di Bidang IT


Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 3 kelompok sesuai bidangnya.
1. Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang system operasi,database maupun system aplikasi. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
Sistem analis, merupakan orang yang abertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
Programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.
Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.

2. Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat system computer.
Networking engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

3. Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system.

Berikut Jenis-jenis Profesi IT di Indonesia Antara Lain :

1. IT Support Officer
Bertugas : Menerima, memprioritaskan, serta menyelesaikan suatu permintaan bantuan IT. Instalasi, perawatan, dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external , dan lain sebagainya. Mengatur suatu penawaran harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT. Menyediakan data  atau informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department regular.

2. Network Administrator
Bertugas : Mengoperasikan serta perawatan terhadap jaringan LAN maupunWAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap perangkat kerasnya, mengarsipkan data, dan perawatan komputer.

3. Network Engineer
Bertugas : Melaksanakan suatu komunikasi dan analisa sistem networking, serta menganalisa dan ikut mengambil bagian dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN. Dimana tugas utama yang dilakukannya adalah maintenance LAN dan koneksi internet, maintenance hardware, maintenance database inventory

4. IT Programmer
Bertugas : Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkatlunak serta mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak. Menerima permintaan user untuk menangani masalah-masalah yang harus diselesaikan, baik untuk konsumen internal maupun eksternal, yang dimana bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan.

5. Analyst Programmer
Bertugas : Merancang atau membuat kode program dan menguji programuntuk mendukung perencanaan pengembangan aplikasi sistem.

6. Web Designer
Bertugas : Mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based besertaisi dari aplikasi tersebut.

7. Systems Programmer / Software Engineer
Bertugas : Melakukan pengembangan software, memiliki ketrampilan dalammerancang aplikasi, serta menyiapkan program menurut spesifikasi,dokumentasi, dan pengujian.

8. IT Executive
Bertugas : Memelihara kecukupan, standard dan kesiapan sistem /infrastruktur untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien,serta menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksisecara maksimum.

9. IT Administrator
Bertugas : Menyediakan implementasi dan administrasi yang meliputi LAN,WAN dan koneksi dial-up, firewall, proxy serta pendukung teknisnya.

10. Database Administrator
Bertugas : Bertanggung jawab untuk administrasi dan pemeliharaan teknisyang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem database

11. Systems Engineer
Bertugas : Menyediakan rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan. Memberikan respon terhadap permintaan technical queries sertadukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan ITadministrator.

12. Helpdesk Analyst
Bertugas : Mengontrol permasalahan troubleshoot melalui email atautelephone dengan cara mengambil alih kendali para pemakai via LAN/WANkoneksi, serta perencanaan, mengkoordinir dan mendukung proses bisnis,sistem dan end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

13. ERP Consultant
Bertugas : Memberikan nasehat teknis ataupun fungsional padaimplementasi solusi ERP, dan harus mempunyai beberapa pengetahuantertentu dalam rangka memetakan proses

14. Account Manager
Bertugas : Bertanggung jawab terhadap kemajuan penjualan suatu solusiatau produk serta target pendapatan.

15. Bussiness Development Manager
Bertugas : Bertanggung jwab mengetahui kebutuhan akan pelanggan, sertamempunyai kemampuan luas yang mampu menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep teknologi.

16. IT Manager
Bertugas : Mengatur kelancaran dari sistem IT, troubleshooting dan jugamembantu organisasi dalam menangani permasalahan IT.

17. Project Manager
Bertugas : Merencanakan, mengarahkan dan melaksanakan aktivitasmanajemen proyek untuk suatu divisi, dan juga memonitor progressterhadap jadwal dan anggaran proyek. Mengalokasikan atau membantu mengalokasisumber daya sesuai dengan hasil proyek yang harus diselesaikan.

Perbandingan profesi-profesi apa saja yang terdapat di negara lain (dilihat darimodel pengembangannya) antara lain :

A. Singapore Computer Society (Profesional Code of Conduct)
Pada model Singapore ini juga dilakukan pembagian berdasarkan tingkatansenioritas. Misalnya tingkatan pada System developmentnya yaitu :
1. Programmer
2. Analyst/Programmer
3. Senior Analyst/Programmer
4. Principal Analyst/Programmer
5. System Analyst
6. Senior System Analyst
7. Principal System Analyst
8. Development Manage

Industri sektor teknologi informasi (TI) Singapura kini sedang menghadapi masa-masa sulit. Bukan disebabkan masalah sepinya pasar atau lainnya, namun justru karena mengalami kekurangan tenaga kerja handal. Penelitian seputar pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan karir Hudson mengungkap perusahaan TI Singapura kini sedang mengalami krisis tenaga kerja handal. Kekurangan tenaga kerja ini berkaitan dengan ketatnya persaingan pencarian bakat dari negara-negara Asia lain. Sebesar 73 persen responden dari kalangan industri TI mengakui perekrutan tenaga kerja yang handal dalam bidang TI saat ini kian sulit.

B. Malaysian Computer Society (Code of Profesional Conduct)
Model Malaysia ini mirip dengan model Singapore membedakan posisi pekerjaan pada berbagai sektor bisnis. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam melakukan ranking senioritas, misalnya tingkatan untuk System Development-nya adalah:
1. Programmer
2. System Analyst/Designer
3. System Development Executive
Model Singapore dan Malaysia memiliki banyak kesamaan dan dapat diintegrasi, dengan pembagian sebagai berikut :
1. System Development
2. Computer Operations
3. Sales, Marketing and Services
4. Education and Trainings
5. Research and Developments
6. Spesialist Support
7. Consultancy

C. Amerika (USA)
Berikut adalah beberapa profesi IT yang terdapat di negara Amerika :
1. SQL Server DBA
2. C++/SQL Engineer
3. AIX Administrator
4. BI Analyst - Cognos(mid level)
5. CDMA Optimization Engineer
6. Application Specialist
7. UX Engineer
8. SAP MM Lead Functional Analyst
9. SAP SD Analyst
10. Cisco Voice Engineer
11. SAP HR Analyst
12. SAP FI/CO Lead
13. NET Developer
14. Sr. Quality Assurance Manager

D. Australia
Sedangkan di negara Australia terdapat beberapa IT job diantaranya:
1. Analyst/programmer
2. Architecture
3. Business Analyst/ System Analyst
4. Computer Operator
5. Consultant / Functional Consultant
6. Database Development dan Administration
7. Hardware Engineering
8. Helpdesk dan Desktop Support
9. Management dan Supervisory
10. Network Engineering
11. Network dan System
12. Product management
13. Project management
14. Sales
15. Security
16. Software Development dan Engineering
17. Team Leaders
18. Technical Writers
19. Telecommunication
20. Testing dan QA
21. Training
22. Web design dan Usability
23. Web Development


E. Jepang
Di negara Jepang terdapat beberapa profesi IT, contohnya sebagai berikut:
1. Digital Marketing Director
2. Web Search Evaluator
3. Sales Manager
4. Call Center Staff 5. Bilingual SAP Consultant
5. C / C++ Developer
6. Technical Support
7. IT Instructor
8. E-Commerce Manager
9. Energy Account Manager
10. IT Assistant Instructor
11. Asset Management
12. Business Analyst


Referensi :
http://kahfiehudson.com/jenis-jenis-profesi-di-bidang-it-indonesia-dan-perbandingannya-di-negara-lain/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kode Etik Dalam Penggunaan IT, Contohnya Dalam Penggunaan Fasilitas Internet di Kampus

Mari Kita Lebih Pahami Kebudayaan Betawi Asli (Jakarta)