How To Make Infused Water


Cara membuat air infus sangatlah mudah. Masukkan potongan buah dan sayuran segar kedalam botol minuman atau gelas yang tembus pandang, tambahkan es batu dan air putih, tutup rapat, lalu didiamkan setidaknya 2 jam didalam lemari pendingin. Setelah didiamkan hingga 2 jam, air infus yang menggunakan lemon, jeruk nipis, nanas, jambu biji, stoberi biasanya sudah muncul rasa buahnya ketika diminum. Tetapi air infus yang menggunakan melon misalnya, biasanya membutuhkan waktu lebih lama.
Jika kita menggunakan buah yang masih segar, ketika airnya sudah abis diminum, kita masih bisa mengisi ulang dengan air dan es batu. Tetapi jika dengan penambahan air sudah tidak muncul rasa buahnya, atau buahnya sudah tampak layu, sebaiknya mengganti dengan buah yang baru.

Tips memilih buah untuk air infus :
-          Satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih buah adalah tekstur buahnya, pilihlah buah yang baru mulai matang dan teksturnya masih agak keras, karena jika sudah terlampau matang atau lembek akan mudah busuk.
-          Jika buah yang tersedia sudah cukup matang sehingga agak lembek, usahakan jangan merendam atau menyimpanna terlampau lama. Minum secepatnya dan jangan lupa menambah es batu jika ingin dibawa berpergian.

Jenis bahan yang baik untuk air infus :
Cara termudah membuat infused water adalah dengan menggunakan favorit, karena kita pasti akan menyukai rasanya. Hampir setiap jenis buah bisa digunakan, kecuali buah yang mengandung alcohol seperti durian, cempedak, dan nangka tentunya. Kita bisa saja menggunakan sedikit sebagai campuran dengan buah yang lain.
Jika menyukai buah pisang, anda harus memilih yang sudah matang sehingga tidak terasa sepat tetapi juga belum menjadi lembek. Pisang juga tidak bisa direndam lama didalam air, karena akan segera hancur. Karena itu, minum segera setelah menjadi air infus.

Berikut daftar buah, sayur, herba, dan bumbu dapur yang bisa digunakan untuk membuat air infus :
Buah : Jeruk keprok, jeruk Sunkist, jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis, storberi, blueberi, raspberi, blackberi, cherry, apel, pir, delima, manga, nanas, jambu biji, pisang, kiwi, belimbing, melon, melon orange, semangka merah, semangka kuning, anggur, salak, kedondong, rambutan, leci, buah naga dan sebagainya.
Sayuran : Mentimun, wortel, seledri, paprika
Herba : Daun mint, rosemary, thyme, lavender, basil
Bumbu dapur : Jahe, serai, kayu manis, kembang lawing, bunga pala, kapulaga, cengkeh, lada hitam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis - Jenis Profesi di Bidang IT

Kode Etik Dalam Penggunaan IT, Contohnya Dalam Penggunaan Fasilitas Internet di Kampus

Mari Kita Lebih Pahami Kebudayaan Betawi Asli (Jakarta)