Harus Bagaimana Cermat Membeli Tas?


Sebagai pencinta fashion, memang sulit membentengi diri dari sebuah barang-barang bermerek palsu yang kini sulit untuk dibedakan. Jika anda ingin aman dan terhindar dari tas aspal, belilah barang-barang tersebut di counter resiminya. Tergiur penawaran barang bermerek asli dengan harga lebih rendah boleh saja, namun yang pasti biasanya tidak pernah memberikan potongan harga lebih dari 20%.

Jika kita ingin membeli tas bermerek asli dengan harga lebih terjangkau, belilah pada penjual second hand bag yang terpercaya. Penjual second hand bag tersebut akan menjual tasnya dengan harga lebih murah bahkan bisa dicicil tergantung kondisi dari tas. Namun sebelum melakukan proses pembelian, ada baiknya kita bertemu untuk dapat merasakan dan melihat sendiri kondisi barang. Ini jenis tas KW yang sering dijual dipasaran :

KW 2
Bahan yang digunakan adalah kulit sintetis dan plastik dengan harga Rp150.000-an, sedangkan KW 3 dijual dengan harga Rp 50.000-an dengan kualitas yang tidak baik dan tidak rapi.

KW 1
Bahan yang digunakan untuk barang ini berupa kulit sintetis yang kasar. Dijual dengan harga Rp 250.000 – Rp 500.000. Anda akan mencium bau menyengat karena lem yang digunakan.

KW Semi Super
Biasanya terbuat dari 50% kulit yang dikombinasi dnegan jenis bahan lain. Harga barang KW semi super dijual tidak sampai sepersepuluh harga asli.

KW Super Premium
Kualitas barang KW hampir menyerupai produk asli karena hampir 80% bahannya terbuat dari kulit. Mesti demikian, kulitnya masih terasa kaku dan kasar. Barang tersebut dijual dengan harga Rp 1,5 hingga Rp 2 juta-an.

KW Original
Dari segi bentuk sudah sangat menyerupai bentuk merek aslinya. Harga yang diberikan sekitar Rp 5 juta ke atas dengan bahan kulit 90% terbuat dari kulit lembut dan lentur. Ada barang KW Original yang dipatokan diatas Rp 10 juta. Umumnya, harga tersebut sekitar 1/10 dari harga tas asli, dijual ada orang-orang tertentu yang sudah menjadi pelanggan  tetap. Barang tersebut bahkan sengaja tidak dipajang ditoko.

Cermat saat membeli
Ada beberapa hal yang hars diwaspadai saat hendak membeli barang bermerek asli, yaitu :
1.       Harga
Jangan percaya barang bermerek, jika harganya 30% dibawah harga asli. Barang keluaran Louis Vuitton tidak pernah didiskon di counter resminya.

2.       Struktur tas
Tas asli berbahan kanvas, parasut, maupun kain memiliki struktur yang kokoh. Tas asli mayoritas dibuat dari bahan kulit asli. Jika mata anda jeli, terdapat perbedaan mencolok antara warna kulit tas asli dan palsu. Kepekatann warna susah untuk dipalsukan. Dari segi jahitan dan warna benang yang digunakan, terdapat kualitas yang berbeda Antara tas asli dan tas paslu. Contoh tas merek asli LV memiliki jahitan yang sangat baik. Walaupun warna kulit tas mulai pudar, jahitan tas tersebut tidak mungkin membrudul.

3.       Resleting
Pada tas asli, resleting justru agak kasar dan kaitnya diembos dengan logo merek. Beda musim, biasanya beda pula model resletingnya. Zipper tas bermerek punya ukuran standar berat dan dimensi tertentu.

4.       Tas Pembungkus
Dustbag (tas pembungkus) merek asli bahannya halus dan ukurannya lebih besar ketimbang tas yang akan disimpan, sedangkan dustbag tas palsu berukuran pas-pasan. Dustbag asli disertai lap pembersihnya dengan mencantumkan mereknya.

5.       Pelapis Dalam
Pelapis dalam tas asli LV biasanya dibuat dari bahan suede halus, sedangkan kain pelapis dalam tas Prada atau Gucci bermotif logo dan nama merek. Kenali logo dan bentuk huruf merek tersebut, karena yang palsu sering berbeda bentuk hurufnya.

6.       Nomor Seri dan Sertifikat
Nomor seri  biasanya disembunyikan dibagian dalam kantong tas. Nomor tersebut memiliki arti. Misalnya, LV SP0047 artinya dibuat bulan april tahun 2007. Beberapa tas juga menyertakan sertifikat keaslian dari tasnya.

7.       Protective Metal Base
Pada tas bermerek, biasanya ada protective metal base didasar tas agar kulit dasar tas tidak mudah tergores. Beberapa merek memiliki protective metal base dengan standar tertentu dan di-emboss logo merek.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis - Jenis Profesi di Bidang IT

Kode Etik Dalam Penggunaan IT, Contohnya Dalam Penggunaan Fasilitas Internet di Kampus

Mari Kita Lebih Pahami Kebudayaan Betawi Asli (Jakarta)